Langsung ke konten utama

Manfaat Bunga Telang

Sumber: https://www.halodoc.com › artikel Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Hi, guys! Belakangan ini lagi ramai dibicarakan tentang bunga telang untuk kecantikan, denger-denger bisa bikin awet muda juga loh. Nah, kali ini aku mau ngebahas tentang beragam manfaat bunga telang mulai dari kesehatan sampai dengan manfaat kecantikan alami bagi para wanita. Langsung aja, yuk kita bahas!

Bunga telang atau Clitorea ternatea merupakan merupakan tanaman endemic dari Ternate, Indonesia. Adapun sejumlah manfaat dari bunga berwarna biru ini, pertama-tama kita bahas dari sisi kecantikan dulu ya guys, biar makin semangat nih bacanya, heheheh. Simak baik-baik yaa..!

1. Menenangkan kulit sensitif dan iritasi

Kabar baik untuk para wanita dengan kulit yang super sensitif nih. Terkadang si pemilik wajah sensitif kesulitan buat nyari skincare yang cocok untuk wajah sensitifnya. Alih-alih sembuh dari bruntusan atau wajah yang perih, eh malah makin parah karena kandungan produk skincare yang kurang cocok. Nah, bunga telang bisa menjadi solusi yang tepat bagi para wanita yang memiliki wajah sensitif. Yuk, cobain deh khasiatnya(

2. Menjaga kelembapan kulit

Dilansir dari beberapa rangkuman artikel, rahasia kecantikan kulit wajah wanita korea ada pada kelembaban kulitnya. Kulit yang lembab membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Sedangkan, kulit yang kering seringkali bikin wajah kusam dan rasa yang tidak nyaman seperti ketarik. Solusi untuk kulit kering ini yakni ekstra pelembab wajah. Nah, temen-temen bisa cobain bunga telang sebagai pelembab alami untuk meredakan kulit kering kerontang. Selain mencegah kulit kamu kering, bunga ini juga bisa mencegah dompet kamu kering loh.. soalnya gratis dari alam. Hehehe~

3. Meningkatkan produksi kolagen 

Kolagen di zaman sekarang udah ga asing lagi kan, guys? Sekarang udah banyak banget jenis skincare bahkan minuman kolagen yang bertebaran di marketplace. No wonder, karena kolagen memang punya khasiat yang bagus banget buat kulit, seperti mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, dan mengatasi kulit kering. Nah, temen-temen bisa cobain bunga telang sebagai minuman kolagen alami, caranya cukup sediakan air panas di gelas, kemudian diamkan bunga telang hinga airnya berwarna biru, kolagen alami siap dinikmati! Kantong aman nih, hehe.

4. Memperkuat skin barrier

Ngomong-ngomong soal skin barrier, pasti temen-temen udah ga asing dong. Yap, skin barrier yang kuat menandakan kulit yang sehat. Kalau skin barrier kita rusak, masalah di wajah akan banyak muncul, mulai dari kulit perih, beruntusan, bahkan jerawat meradang. Untuk menjaga skin barrier temen-temen tetap sehat, bisa banget cobain bahan alami satu ini.


Masih ada lagi nih manfaat bunga telang dari sisi kesehatan, kita cek bareng-bareng yuk!

1. Memperbaiki suasana hati

Mengkonsumsi bunga telang dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan, hal ini dapat membantu mengurang stress dan kecemasan temen-temen di kala ujian hidup melanda, hehehee tenang.. tenang..

2. Baik untuk otak

Antioksidan dalam bunga telang dapat memperbaiki sel saraf, sehingga dapat meningkatkan kinerja otak, seperti mengingat dan berkonsentrasi. Kalau lagi masa-masa ujian kuliah, boleh nih rutin minum ramuan bunga telang, biar konsen dan ga lupa materi ujian. Yuk bisa yuukk!

3. Memperbaiki kondisi rambut

Kandungan Bioflavonoid dan anthocyanin pada bunga telang dapat mengatasi rambut rontok, serta dapat membantu pertumbuhan rambut. Kadang kalau lagi stress-stress nya sama ujian hidup, rambut wanita suka rontok ga karuan. Jadi sekarang udah pada tau kan solusinya..(?)

4. Sumber antioksidan

Menurut Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ekstrak methanol dalam bunga telang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan berperan penting loh dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menyebabkan beragam penyakit. Jaga kesehatan ya guys, semangattt!

5. Mengurangi peradangan

Kandungan asam oleat hinga 52% pada bunga telang yang bersifat antiinflamasi dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi, panas, cedera, atau terkena racun. Duhh hati-hati ya temen-temen.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi

Kandungan senyawa antosianin pada bunga telang dapat meningkatkan elastisitas arteri yang kemudian dapat memperlancar aliran darah. Peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan pasokan oksigen serta nutrisi ke kulit jadi berkurang, akhirnya kulit terlihat kusam dan pucat. Jadi, ayo sayangi jantungmu.

7. Mengurang gejala diabetes

Melansir lama Halodoc, penelitian menyebutkan bahwa bunga telang dapat mengontrol penyerapan gula darah, sehingga dapat menjadi kestabilan gula darah di dalam darah. Yuk, kontrol kandungan gula dalam tubuh, sambil rutin minum ramuan bunga telang, biar makin sehat.

8. Mengobati demensia

Penelitian dari Pharmaceutical Biology menyebutkan bahwa bunga telang memiliki kandungan asetitkolin yang mirip dengan obat pelindung otak.

9. Mengurangi gejala asma

Kandungan antioksidan dan antiasthmatic pada bunga telang dapat meringankan gejala asma.

10. Menurunkan berat badan

Kabar baik untuk para wanita yang lagi diet nih, bunga telang tidak mengandung kolestrol, karbohidrat, dan lemak, sehinnga cocok dijadikan minuman dingin saat lagi program diet.

11. Melancarkan menstruasi

Penelitian Journal of Traditional and Complementary Medicine mengatakan bahwa bunga telang dapat mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur, serta dapat mengatasi keputihan.

12. Mengatasi masalah pencernaan

Studi dari Multidisciplinary Digital Publising Institute menyebutkan bahwa bunga telang dapat menghambat amolase pankreas. Meningkatnya amilase pankreas bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti pankreas akut. Yuk, rutin minum ramuan bunga telang, biar pencernaannya lancar, jadi ga begah dan buncit deh perutnya.


Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, kecuali duit, hehehe. Bunga telang ini memang dipercaya memiliki khasiat yang banyak, tapi bukan berarti boleh dikonsumsi secara berlebihan ya guys. Yuk, kita cek bareng-bareng alasan bunga telang ga boleh dikonsumsi secara berlebihan menurut dr Hardhi Pranata, Sp.S, MARS (Ketua Dewan Penasehat Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia dan dirangkum dari jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Functional Food and Nutraceutical berjudul Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitorea Ternatea) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung.

1. Mual dan diare

Jika dikonsumsi secara berlebihan, ekstrak bunga telang dapat menimbulkan rasa mual. Maka dari itu, konsumsi secukupnya saja ya temen-temen.

2. Batu ginjal

Konsumsi bunga telang secara berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal dikarenakan kandungan asam okstalat yang tinggi dalam bunga telang. Niatnya pengen sehat dan cantik, jadi jangan sampai sebaliknya yaa temen-temen.

3. Antigizi

Konsumsi bunga telang secara berlebih dapat menyebabkan antigizi dikarenakan kandunagn asam okstalat yang terdapat dalam bunga telang. Yang normal-normal aja ya guys.

4. Alergi 

Bagi- beberapa orang, bisa saja bunga telang menimbulkan alergi. Jika sudah terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian ya.


Sumber:

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.insertlive.com/lifestyle/20230310170522-210-305135/pakar-ungkap-12-manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan&ved=2ahUKEwiw9Ij5x5CAAxWDwTgGHRykDUQQFnoECBMQBQ&usg=AOvVaw1zhwrkqrcxLIhRth2dsxQe

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.detik.com/bali/berita/d-6398432/manfaat-dan-5-bahaya-bunga-telang-yang-perlu-diwaspadai/amp&ved=2ahUKEwiw9Ij5x5CAAxWDwTgGHRykDUQQFnoECCwQAQ&usg=AOvVaw3b3D80EV6gfvA81Kk7NZ49

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan&ved=2ahUKEwiw9Ij5x5CAAxWDwTgGHRykDUQQFnoECGYQAQ&usg=AOvVaw1muFIqptnKT2pR-p-gWnSh

Komentar